(Resep) Kolak Tape Singkong

Berbekal niat mulia dan keinginan menggebu, kemarin gue membeli bahan-bahan kolak. Niat awal bikin kolak pisang, eh kok ya gak nemu pisang kepoknya. Pisang Sunpride bisa gak sih?

Daripada gagal, dan karena gue gak suka kolang-kaling, maka gue beli aja tape singkong.

Jadinya begini.

image

Bahan:
2 blok gula merah, cincang.
1 kotak santan Kara ukuran sedang (kalau bisa pakai santan asli dari kelapa parut beneran, lebih baik lagi).
500 ml air.
1/2 cup gula pasir.
1/2 sdt bubuk vanilli (lebih enak pakai daun pandan, jadikan simpul dulu daunnya sebelum nyemplung panci).
1 sdt garam.
Tape singkong sesukanya, buang serat tengahnya, tapenya dipotong-potong.

Cara bikin:
1. Gula merah yang udah dicincang, direbus dengan air sampai gula lumer dan menyatu dengan air.
2. Saring (mestinya disaring memang, tadi gue nggak. Hasilnya jadi rada berbusa).
3. Panasin lagi si larutan gula. Cemplungin gula pasir, vanili, dan garam. Aduk sampai semua larut.
4. Tuang santan dari kotaknya langsung, pelan-pelan, sambil diaduk terus. (Ini gue gak pakai ukuran, seenak hasilnya aja di lidah. Tapi kurang lebih habis hampir setengah kotak deh).
6. Cicipin, udah asoy belum rasanya. Tambahin apapun yang kira-kira kurang.
7. Masukin tape singkong. Aduk sebentar. Angkat.
8. Hidangkan.

Jadi. Gampang ternyata haghaghaghag.

Author: Nita Sellya

Hobi makan dan kadang memasak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *