(Resep) Tumis Buncis Jagung

Tumisan, buat saya adalah masakan penyelamat di kala malas masak ribet, kondisi lagi gak bisa belanja banyak (bokek, hujan deras gak sempat belanja, bokek), dan persediaan bahan masakan hanya seadanya. Hanya dengan bumbu dasar bawang merah bawang putih, aduk-aduk dikit, jadi deh.

Dan untungnya suami saya juga bukan tipe riwil sama masakan saya. Tapi kalau masakan orang lain dia bisa riwil bukan main. Ya namanya juga sama istri ya, mungkin antara telen aja atau protes dan disuruh makan di warteg seminggu xD

Saya kenal tumisan ini gara-gara almarhumah Oma saya dulu hampir tiap hari bikin tumisan ini itu, dan enak! Ayam, daging, cumi, udang, bisa beliau jadikan tumisan. Kangkung, bayam, buncis, jagung, apalagi. Pokoknya hampir semua bahan masakan bisa diakalin jadi tumisan.

Dan seringkali saat memasak tumisan saya terbawa ke kenangan masa kecil. Kenangan makan tumis bayam jagung sampai mual saking seringnya (sampai sekarang saya mual kalau liat sayur bening/tumis bayam loh haha). Kenangan bantu Oma nyuwirin ayam rebus yang kemudian ditumis bareng buncis dan tempe (jadi inget belum pernah masak ini, nyoba ah). Atau kenangan nangis lama banget gara-gara mainan cabe lalu…ngelap muka x)) Ya namanya juga bocah.

Di bawah ini adalah salah satu tumisan kesukaan saya, saking gampang bikinnya. Bahannya ada di semua warung sayur (saya tipe malas ke pasar basah atau supermarket. Bukan apa-apa, nanti malah kalap belanjanya dan pas sampai di rumah malah bingung mau diapain #seringterjadi). Modal sepuluh ribu udah bisa buat dimakan berdua sama suami #ahzegh.

Dan hebatnya tumisan tuh, kalau ada sisa dan males manasin, tinggal dijadiin isi telur dadar aja 😀

TUMIS BUNCIS JAGUNG

Bahan-bahan:

  • 2 gelondong jagung, dipipil. Kalau saya, biar cepet, setelah saya cuci langsung saya serut aja pakai pisau.
  • 1 genggam buncis. Buang seratnya, cuci, lalu potong kecil-kecil.
  • 3 buah cabe rawit merah iris tipis (kalau suka pedas, ya lebihin. kalau gak suka pedas, ya gak usah pakai. Saya pakai cabe lebih karena pengen ada sentuhan warna lain dan karena di rumah semua suka pedas)
  • 3 butir bawang putih dan 2 butir bawang merah. kupas kulitnya, cincang kasar.
  • Garam secukupnya
  • Saus tiram dan kecap Inggris secukupnya (Saya pakai kecap Inggris Lea Perrins). Ini opsional. sila dipakai bila ada dan mau, kalau nggak juga gak apa-apa.
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 1 gelas air.
Cara membuat:
  1. Panaskan minyak goreng, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum.
  2. (Langkah ini hanya bila pakai saus tiram + kecap inggris) Tuang 1 sdm saus tiram dan 1 sdt kecap inggris. Aduk.
  3. Tuang air, diamkan sampai mulai mendidih (simmering, istilahnya)
  4. Masukkan buncis dan jagung.
  5. Masukkan garam.
  6. Masukkan irisan cabe.
  7. Diamkan sampai air menyusut sesuai selera, sambil sesekali diaduk.
  8. Angkat. Hidangkan
Beres 😀
Cari ide tumisan lain? Coba mampir ke Baca Resep Dulu . Di sana ada beberapa resep tumisan, antara lain: Tumis Kol Orek, Tumis Petai Teri Bumbu Cabai, dan favorit saya sepanjang masa: Tumis Kangkung 😀 
Atau kamu ada ide tumisan lain?

Author: Nita Sellya

Hobi makan dan kadang memasak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *