(Review) Resep Ayam Panggang Dabu-dabu

Beberapa hari yang lalu saya, yang sejak dulu penasaran sama kecap Inggris, memilih buat menggunakan kecap Inggris Lea and Perrins Worchestershire untuk percobaan memasak pertama pada ayam. 




Setelah beberapa percobaan dengan tumisan menggunakan Lea and Perrins, dan melihat kandungan yang ada di dalamnya saya merasa semua yang dibutuhkan sudah lengkap ada di sana.


Nah kan. Udah ada gula, garam, bawang putih, cengkeh, dan lain-lain. Cocok banget memang sebagai bumbu marinade, bahkan bumbu tambahan dalam tumisan. Makanya saya memutuskan untuk tidak menambahkan bumbu banyak pada masakan kali ini, Ayam Panggang Dabu-dabu. Yang lebih ditekankan adalah proses memasaknya.

Saya ngaku nih, sebenarnya resep ini idenya dari sebuah resep yang pernah saya baca sepintas kemudian saya lupa namanya apa dan bacanya di mana. Bahkan saya lupa itu buat resep daging apaan ya xD Akhirnya saya memutuskan untuk pakai ayam, dengan pertimbangan mudah didapat. Dan harga di pasar di sini kebetulan agak turun. Sungguh mamak-mamak.

Sesuai dengan namanya, ayam ini di…panggang (yaiyalah), kemudian ditambah dengan sambal dabu-dabu.

Ayam Panggang Dabu-dabu




Bahan:

Ayam Panggang

1 kilogram ayam (boleh utuh, boleh bagian kesukaan saja, terserah)

Bumbu
7 sdm Lea and Perrins Worchestershire
2 sdm garam
5 butir bawang putih + 4 lembar daun jeruk purut, cincang kasar (saya pakai chopper)
2 sdm air perasan jeruk purut

Sebelum memanggang:
1 sdm olive oil
2 sdm Lea and Perrins Worchestershire

Sambal Dabu-dabu
3 butir bawang merah
5 buah cabe rawit
1 sdm air perasan jeruk nipis
2 sdm olive oil, dipanaskan sebentar

Cara membuat:
  1. Cuci ayam. Tiriskan
  2. Lumuri ayam, sambil agak diremas, dengan semua bumbu, termasuk Lea and Perrins.
  3. Diamkan ayam di chiller yang disetel maksimal selama 10-12 jam 
  4. Setelah 10-12 jam, keluarkan ayam, bilas dengan air hangat. Tidak perlu terlalu bersih, buang air marinasi ayam dan guyur ayam sekali aja dengan air hangat.
  5. Panaskan oven 135 derajat celcius
  6. Susun ayam di loyang anti lengket.
  7. Kucur ayam dengan 2 sdm Lea and Perrins Worchestershire dan 1 sdm olive oil.
  8. Panggang ayam selama 4-10 jam. (ini salah satu metode memasak yang saya ingat dari resep yang saya lupa tadi xD) Lamanya memanggang tergantung mau sampai seberapa kering. Saya memilih untuk memanggang sekitar 6 jam.
Sambal Dabu-dabu (semestinya memakai tomat merah, tapi kebetulan saya kehabisan tomat di dapur)
  1. Potong kasar bawang merah dan cabe rawit.
  2. Tuang olive oil yang sudah dipanaskan (jangan sampai berasap)
  3. Kucur air perasan jeruk nipis (kalau darurat, dalam arti gak ada jeruk masam apapun di rumah, bisa pakai white vinegar tapi tentu saja gak sejuara pakai jeruk nipis)


Hasil akhirnya: Ayam panggang gurih berkulit renyah yang tidak kehilangan rasa ayamnya itu sendiri (karena direndam dalam lemaknya sendiri saat memanggang, dan dimarinasi oleh Lea and Perrins Worchestershire yang memang terbukti bisa membuat daging menjadi gurih tanpa menghilangkan rasa aslinya) yang klop banget ditemani Sambal Dabu-dabu dan nasi hangat.


Saya seneng banget sama Lea and Perrins, marinasi jadi mudah dan gak perlu banyak bumbu lagi. Tinggal tuangkan 7 sdm Lea and Perrins pada sekilo ayam atau daging aja sebelum masuk ke chiller. Beres. Buat orang yang (kadang) suka masak tapi males sama pritilan nyiapin bumbu, kayak saya, macam dapet mukjizat lah :))

Lea and Perrins  sendiri dengan baik hati menyediakan usulan resep berbagai makanan menggunakan Lea and Perrins Worchestershire di akun social media mereka di:

Twitter @ayamleaperrins
Youtube: Lea Perrins
Facebook Fanpage: Lea Perrins

Selamat memasak!

Author: Nita Sellya

Hobi makan dan kadang memasak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *